PERENCANAAN KONSTRUKSI PERKERASAN SERVICE ROAD PADA SISI FIRE STATION 2 SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESELAMATAN PENERBANGAN

AFRIYANI, SUCI RYSKI NUR (2024) PERENCANAAN KONSTRUKSI PERKERASAN SERVICE ROAD PADA SISI FIRE STATION 2 SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESELAMATAN PENERBANGAN. Bachelor thesis, Politeknik Penerbangan Palembang.

[thumbnail of COVER-BAB II.pdf] Text
COVER-BAB II.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (169kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V -LAMPIRAN.pdf] Text
BAB V -LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (854kB)
[thumbnail of FILE_SIMILARITY.pdf] Text
FILE_SIMILARITY.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Bandara Internasional Yogyakarta merupakan salah satu bandara yang mengalami peningkatan jumlah penerbangan maupun penumpang, selain itu bandara ini merupakan satu-satunya bandara internasional diwilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Sehingga harus siap dalam segi fasilitas keselamatan penerbangan dan penanggulangan keandaan darurat. Salah satu fasilitas yang dimiliki oleh Bandar Udara Internasional Yogyakarta adalah Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) sebagai unit yang menangani bagian penanggulangan keadaan darurat, PKP-PK harus memiliki fasilitas Fire Station yang memenuhi ketentuan berupa akses menuju daerah pergerakan pesawat dari Fire Station dengan jumlah hambatan dan/atau tikungan sedikit mungkin sesuai dengan PR 30 Tahun 2022 tentang Standar Teknis dan Operasi Pelayanan PKP-PK. Pada Bandar Udara Internasional Yogyakarta memiliki salah satu Fire Station yang dimana service road digunakan untuk kegiatan mobilisasi kendaraan GSE dan kendaraan lain yaitu Fire Station 2. Tujuan penelitian ini adalah merencanakan pembangunan service road baru untuk pengalihan jalur sehingga tidak menganggu operasional PKP-PK. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode analisa komponen dengan menggunakan jenis perkerasan lentur yang hasilnya akan dibandingkan dengan Regulasi penerbangan yaitu SKEP 347/XII/1999. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode analisa komponen didapatkan hasil tebal perkerasan pada perencanaan service road baru yaitu setebal 40 cm, dimana tebal lapis permukaan sebesar 5 cm menggunakan bahan lapis aspal beton (Laston) dengan MS 450, lapis pondasi atas sebesar 15 cm dengan mengggunakan batu pecah kelas B dan lapis pondasi bawah sebesar 20 cm menggunakan sirtu kelas C. Pembangunan service road baru ini diharapkan dapat digunakan untuk menunjang kebutuhan mobilisasi di service road, sehingga tidak menganggu aktivitas pelayanan PKP-PK di Fire Station 2 karena sudah tidak terdapat hambatan dalam menuju daerah pergerakan sebagaimana amanat PR 30 tahun 2022 tentang Standar Teknis dan Operasi Pelayanan PKP-PK.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Analisa Komponen, Keselamatan Penerbangan, Perkerasan, Service Road
Subjects: Politeknik Penerbangan Palembang > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Bandar Udara
Depositing User: Admin TRBU Poltekbangplg
Date Deposited: 13 Aug 2024 02:38
Last Modified: 13 Aug 2024 02:38
URI: http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/164

Actions (login required)

View Item
View Item