ANALISIS PERHITUNGAN PAVED SHOULDER RUNWAY PADA BANDAR UDARA HUSEIN SASTRANEGARA - BANDUNG

ALHAQU, IMAM (2024) ANALISIS PERHITUNGAN PAVED SHOULDER RUNWAY PADA BANDAR UDARA HUSEIN SASTRANEGARA - BANDUNG. Bachelor thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN PALEMBANG.

[thumbnail of IMAM ALHAQU_TRBU 1 ALPHA-1-38.pdf] Text
IMAM ALHAQU_TRBU 1 ALPHA-1-38.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of IMAM ALHAQU_TRBU 1 ALPHA-39-43.pdf] Text
IMAM ALHAQU_TRBU 1 ALPHA-39-43.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of IMAM ALHAQU_TRBU 1 ALPHA-44-61.pdf] Text
IMAM ALHAQU_TRBU 1 ALPHA-44-61.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of IMAM ALHAQU_TRBU 1 ALPHA-62-71.pdf] Text
IMAM ALHAQU_TRBU 1 ALPHA-62-71.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of IMAM ALHAQU_TRBU 1 ALPHA PLAGIAT.pdf] Text
IMAM ALHAQU_TRBU 1 ALPHA PLAGIAT.pdf

Download (123kB)

Abstract

Bandar Udara Husein Sastranegara-Bandung (IATA: BDO, ICAO:WICC) merupakan sebuah Bandar Udara yang terletak di jalan Pajajaran Nomor, 156, Kelurahan Husein Sastranegara, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung. Bandara ini memiliki dimensi runway 2220 m x 45 m dengan tipe perkerasan lentur yang mampu menahan pesawat terkritis yang beroperasi yaitu B 737-800. Runway pada Bandar Udara Husein Sastranegara-Bandung tidak memiliki shoulder yang sesuai dengan PR 21 TAHUN 2023 dan KP 39 TAHUN 2015 berupa lapisan perkerasan. Penelitian ini bertujuan menganalisis perhitungan paved shoulder runway di mulai dengan pengumpulan data lalu lintas penerbangan, data CBR tanah dan data Exsisting bandara serta pesawat terbesar di bandara tersebut. Penelitian ini berjenis kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan Metode perhitungan menggunakan aplikasi FAARFIELD, pengolahan data dilakukan dengan perhitungan tebal perkerasan shoulder runway berdasarkan pesawat terkritis, menggunakan perangkat lunak FAARFIELD 4.2 v 1.42 dan COMFAA yang merupakan salah satu aplikasi perhitungan yang di keluarkan oleh FAA selaku lembaga penerbangan sipil Amerika. Berdasarkan perhitungan, didapatkan hasil 777,9 mm atau 77,79 cm untuk total tebal perkerasan paved shoulder runway dengan tebal lapisan permukaan sebesar 226,6 mm, lapisan pondasi atas 150 mm dan lapisan pondasi bawah 401,3 mm dengan lebar 7,5 m pada sisi kiri dan kanan yang dimana mampu menahan beban pesawat terkritis dengan nilai PCN sebesar 57 F/C/X/T, sehingga dengan hasil perhitungan ini dapat dijadikan sebagai solusi penting bagi pihak bandara dalam perencanaan dan desain konstruksi perkerasan untuk area shoulder runway. Penerapan spesifikasi ini akan memastikan bahwa struktur perkerasan memenuhi standar yang diperlukan untuk kapasitas beban dan daya tahan, sehingga meningkatkan keselamatan dan efisiensi operasional secara keseluruhan di sisi airside.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: FAARFIELD, COMFAA, FAA, Paved Shoulder Runway
Subjects: Politeknik Penerbangan Palembang > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Politeknik Penerbangan Palembang > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Teknologi Rekayasa Bandar Udara
Depositing User: Admin TRBU Poltekbangplg
Date Deposited: 13 Aug 2024 03:01
Last Modified: 13 Aug 2024 03:01
URI: http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item
View Item