Rinjani, Aura Meunasah (2024) ANALISIS KEBUTUHAN FASILITAS SELF CHECK-IN UNTUK MENGURANGI ANTRIAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA RADIN INTEN II LAMPUNG. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN PALEMBANG.
COVER_TO_BAB 2.pdf - Accepted Version
Download (371kB)
TA BAB 3.pdf - Accepted Version
Download (82kB)
TA BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (563kB) | Request a copy
TA BAB 5 - LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Download (15MB)
Abstract
Menganalisis kebutuhan teknologi dalam industri penerbangan yang terus berkembang diperlukan sebagai peran penting teknologi di sektor penerbangan. Pada Bandar Udara ditemukan suatu permasalahan yaitu waktu tunggu dan waktu proses pelayanan check-in tidak sesuai dengan standar waktu yang ditetapkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan self check-in untuk mengurangi antrian penumpang di Bandar Udara Radin Inten II Lampung. Maka manfaat dilakukannya penelitian ini mengharapakan peneliti selanjutnya bertambah wawasan terhadap antrian penumpang maupun self check-in, menjadikan penelitian ini sebagai masukkan bagi perusahaan yang menyediakan pelayanan jasa bandara, dan penelitian ini dapat bermanfaat untuk studi pustaka bagi instansi. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pihak airline sebanyak empat orang, personel terminal inspection service sebanyak satu orang, personel customer service sebanyak satu orang, dan penumpang sebanyak enam orang. Kemudian objek penelitian adalah fasilitas check-in counter. Teknik pengumpulan data penilitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah metode nonprobability dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik keabsahan data seperti uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian ini ditemukan beberapa permasalahan yang menjadi penyebab penumpukan antrian penumpang seperti human error, sistem error, belum tersedianya fasilitas self check-in,waktu proses dan waktu tunggu yang tidak sesuai, penumpang berkebutuhan khusus. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini bahwa fasilitas self check-in dibutuhkan dan perlu disediakan sebanyak 7 fasilitas self check-in.
Kata kunci: Analisis kebutuhan, self check-in, antrian penumpang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Manajemen Bandar Udara |
Depositing User: | Admin MBU Poltekbangplg |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 08:06 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 08:06 |
URI: | http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/304 |