AMRULLAH, ILHAM AZHAR (2024) PENGARUH PELAYANAN INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA SULTAN SYARIF KASIM II PEKANBARU. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN PALEMBANG.
COVER SAMPAI BAB II.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (269kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (390kB)
BAB V SAMPAI LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi selama OJT dimana ditemukan bahwa petugas unit informasi yang masih belum maksimal dalam pelayanan dikarenakan kekurangan personil unit informasi sehingga terdapat kekhawatiran akan tingkat kepuasan penumpang yang merupakan bagian dari kualitas layanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pelayanan informasi terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Metodologi penelitian ini
adalah kuantitatif dengan populasi yang digunakan yaitu menggunakan total jumlah penumpang keberangkatan jam sibuk pada satu hari di Bulan Desember. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah Teknik simple random sampling menggunakan rumus slovin dengan taraf signifikansi 10% sehingga diperoleh sampel sebanyak 92 orang. Pengolahan
data yang dilakukan menggunakan aplikasi SPSS dengan seri IBM SPSS 26.Dari hasil penelitian dengan menyebarkan kuesioner yang mewakili 5 variabel mewakili kualitas pelayanan informasi yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty didapatkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pelayanan informasi terhadap kepuasan penumpang dibuktikan dengan hasil uji t sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai signifikansi sebesar 0,05 persen. Untuk besaran pengaruh yang didapatkan yaitu sebesar 27,2% dan kualitas pelayanan informasi yang mendapat penilaian paling baik adalah Emphaty yang mewakili kemauan petugas informasi dalam memberikan perhatian individu pada saat melayani penumpang dan penilaian paling rendah adalah responsiveness yang mewakili kesigapan personil unit informasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Manajemen Bandar Udara |
Depositing User: | Admin MBU Poltekbangplg |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 08:01 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 08:01 |
URI: | http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/359 |