PENGARUH PELAYANAN INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA SULTAN SYARIF KASIM II PEKANBARU

AMRULLAH, ILHAM AZHAR (2024) PENGARUH PELAYANAN INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA SULTAN SYARIF KASIM II PEKANBARU. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN PALEMBANG.

[thumbnail of COVER SAMPAI BAB II.pdf] Text
COVER SAMPAI BAB II.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (269kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[thumbnail of BAB V SAMPAI LAMPIRAN.pdf] Text
BAB V SAMPAI LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of SIMILARITY.pdf] Text
SIMILARITY.pdf - Accepted Version

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi selama OJT dimana ditemukan bahwa petugas unit informasi yang masih belum maksimal dalam pelayanan dikarenakan kekurangan personil unit informasi sehingga terdapat kekhawatiran akan tingkat kepuasan penumpang yang merupakan bagian dari kualitas layanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pelayanan informasi terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Metodologi penelitian ini
adalah kuantitatif dengan populasi yang digunakan yaitu menggunakan total jumlah penumpang keberangkatan jam sibuk pada satu hari di Bulan Desember. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah Teknik simple random sampling menggunakan rumus slovin dengan taraf signifikansi 10% sehingga diperoleh sampel sebanyak 92 orang. Pengolahan
data yang dilakukan menggunakan aplikasi SPSS dengan seri IBM SPSS 26.Dari hasil penelitian dengan menyebarkan kuesioner yang mewakili 5 variabel mewakili kualitas pelayanan informasi yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty didapatkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pelayanan informasi terhadap kepuasan penumpang dibuktikan dengan hasil uji t sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai signifikansi sebesar 0,05 persen. Untuk besaran pengaruh yang didapatkan yaitu sebesar 27,2% dan kualitas pelayanan informasi yang mendapat penilaian paling baik adalah Emphaty yang mewakili kemauan petugas informasi dalam memberikan perhatian individu pada saat melayani penumpang dan penilaian paling rendah adalah responsiveness yang mewakili kesigapan personil unit informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Manajemen Bandar Udara
Depositing User: Admin MBU Poltekbangplg
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:01
Last Modified: 19 Aug 2024 08:01
URI: http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/359

Actions (login required)

View Item
View Item