Aliyah, Nurulhuda (2025) PENGARUH PEMBERIAN KOMPENSASI DELAY BERDASARKAN PM 89 TAHUN 2015 TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Penerbangan Palembang.
![[thumbnail of Cover-Bab 2.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover-Bab 2.pdf - Submitted Version
Download (726kB)
![[thumbnail of Bab 3.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 3.pdf - Submitted Version
Download (158kB)
![[thumbnail of Bab 4.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
![[thumbnail of Bab 5- Lampiran.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 5- Lampiran.pdf - Submitted Version
Download (953kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian kompensasi keterlambatan penerbangan berdasarkan ketentuan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 89 Tahun 2015 terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei, di mana data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada penumpang yang mengalami keterlambatan penerbangan di bandar udara tersebut. Sampel penelitian ini berjumlah 99 responden yang dipilih secara purposive sesuai dengan kriteria penumpang yang mengalami delay penerbangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara pemberian kompensasi keterlambatan dengan kepuasan penumpang sebesar 61,4%. Dengan demikian, pemberian kompensasi keterlambatan penerbangan berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kepuasan penumpang di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Kompensasi yang sesuai ketentuan tidak hanya menjadi bentuk tanggung jawab maskapai, tetapi juga berperan menjaga kepercayaan, loyalitas, dan citra positif di mata pengguna jasa. Penelitian ini diharapkan menjadi masukan bagi maskapai dan pengelola bandara untuk terus memperbaiki pelayanan kompensasi sesuai aturan yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Manajemen Bandar Udara |
Depositing User: | Admin MBU Poltekbangplg |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 08:08 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 08:08 |
URI: | http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/523 |