PENGARUH PEMBERIAN KOMPENSASI DELAY BERDASARKAN PM 89 TAHUN 2015 TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II PALEMBANG

Aliyah, Nurulhuda (2025) PENGARUH PEMBERIAN KOMPENSASI DELAY BERDASARKAN PM 89 TAHUN 2015 TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Penerbangan Palembang.

[thumbnail of Cover-Bab 2.pdf] Text
Cover-Bab 2.pdf - Submitted Version

Download (726kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Submitted Version

Download (158kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[thumbnail of Bab 5- Lampiran.pdf] Text
Bab 5- Lampiran.pdf - Submitted Version

Download (953kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian kompensasi keterlambatan penerbangan berdasarkan ketentuan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 89 Tahun 2015 terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei, di mana data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada penumpang yang mengalami keterlambatan penerbangan di bandar udara tersebut. Sampel penelitian ini berjumlah 99 responden yang dipilih secara purposive sesuai dengan kriteria penumpang yang mengalami delay penerbangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara pemberian kompensasi keterlambatan dengan kepuasan penumpang sebesar 61,4%. Dengan demikian, pemberian kompensasi keterlambatan penerbangan berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kepuasan penumpang di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Kompensasi yang sesuai ketentuan tidak hanya menjadi bentuk tanggung jawab maskapai, tetapi juga berperan menjaga kepercayaan, loyalitas, dan citra positif di mata pengguna jasa. Penelitian ini diharapkan menjadi masukan bagi maskapai dan pengelola bandara untuk terus memperbaiki pelayanan kompensasi sesuai aturan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Manajemen Bandar Udara
Depositing User: Admin MBU Poltekbangplg
Date Deposited: 08 Aug 2025 08:08
Last Modified: 08 Aug 2025 08:08
URI: http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item
View Item