Rizky Aminah, Handayani Sanjaya (2025) PERENCANAAN ACCESS ROAD UNTUK MENINGKATKAN KESELAMATAN PENERBANGAN DI BANDAR UDARA JENDERAL AHMAD YANI. Bachelor thesis, Politeknik Penerbangan Palembang.
![[thumbnail of COVER - BAB 2.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER - BAB 2.pdf - Submitted Version
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB 3.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3.pdf - Submitted Version
Download (356kB)
![[thumbnail of BAB 4.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB 5 - LAMPIRAN.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5 - LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Download (1MB)
Abstract
Keselamatan penerbangan merupakan prioritas utama dalam operasional bandar, termasuk kesiapsiagaan dalam menangani keadaan darurat. Salah satu komponen infrastruktur penting adalah access road khusus untuk kendaraan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK). Penelitian ini bertujuan merencanakan access road di Bandara jenderal Ahmad Yani Semarang agar mendukung kecepatan respon PKP-PK serta memenuhi standar keselamatan nasional dan internasional. Metode yang digunakan adalah pendekatan campuran (mix method) yang menggabungkan analisis kualitatif melalui observasi dan wawancara dengan personel PKP-PK, serta analisis kuantitatif berupa perhitungan tebal perkerasan menggunakan metode analisa komponen berdasarkan SKBI.2.3.26.1987. Hasil observasi menunjukkan bahwa access road saat ini belum tersedia; kendaraan PKP-PK masih menggunakan apron dan taxiway yang rawan gangguan operasional serta tidak sesuai standar Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor : PR 30 Tahun 2022 dan ICAO Annex 14. Hasil dari perencanaan ini menghasilkan access road permanen dengan panjang 400 meter, lebar 7,2 meter, radius tikung 25 meter, dan struktur perkerasan fleksibel berupa LASTON MS 340 (5 cm), batu pecah kelas A (15 cm), dan sirtu kelas A (23 cm). struktur ini telah memenuhi ketentuan SKEP/347/XII/1999 dan mampu menahan beban kendaraan foam tender. Perhitungan risiko juga menunjukkan bahwa ketiadaan access road meningkatkan tingkat bahaya terhadap keterlambatan respon dan potensi tabrakan. Kesimpulannya, access road merupakan infrastruktur vital yang harus tersedia untuk menunjang acceptable safety performance. Pembangunan access road tidak hanya memenuhi aspek teknis dan regulasi, tetapi juga memperkuat implementasi Safety Management System (SMS) di lingkungan bandara.
Kata Kunci: Access road, PKP-PK, keselamatan penerbangan, perkerasan, SMS.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Politeknik Penerbangan Palembang > TA Engineering (General). Civil engineering (General) Politeknik Penerbangan Palembang > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Bandar Udara |
Depositing User: | Admin TRBU Poltekbangplg |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 04:08 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 04:08 |
URI: | http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/544 |