NISRINA NAJLA, AMIRAH (2025) KAJIAN PENERAPAN SIGNAGE GUNA MEMPERMUDAH AKTIVITAS PENUMPANG DI TERMINAL BANDAR UDARA FATMAWATI SOEKARNO BENGKULU. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN PALEMBANG.
![[thumbnail of COVER-BAB II.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER-BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Download (335kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V- LAMPIRAN.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V- LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Bandar Udara Fatmawati Soekarno Bengkulu memiliki fasilitas yang dilengkapi oleh PT. Angkasa Pura Indonesia (PT. API) seperti fasilitas penunjuk arah (signage) yakni pada departure area, arrival area, exit, check-in counter, toilet, dan lain-lain. Signage diletakkan di area publik bandar udara termasuk terminal keberangkatan, terminal kedatangan. Terminal keberangkatan bandara ini dalam penerapan signage petunjuk fasilitas operasional serta petunjuk fasilitas umum dan konsesionernya sudah memadai, akan tetapi masih memiliki kekurangan pada beberapa titik. Pembahasan penelitian ini adalah perbaikan dan pembaharuan papan petunjuk (signage) untuk mempermudah penumpang memperoleh informasi lokasi terkait pada bandar udara. Penelitian ini dilakukan bertujuan mempermudah pergerakan penumpang agar lebih terarah dan sampai pada lokasi yang dituju dengan tepat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan model analis data Miles and Huberman. Data-data yang dikumpulkan berupa hasil observasi, dokumentasi dan wawancara terkait masalah yang diteliti di lapangan. Hasil penelitian menyatakan bahwa fasilitas signage di Bandar Udara Fatmawati Bengkulu masih belum memenuhi standar kelayakan sesuai dengan regulasi yang berlaku, yang semestinya mudah dibaca, mudah terlihat, dan tidak menimbulkan kebingungan. Usaha perbaikan dan pembaharuan fasilitas signage di terminal keberangkatan bisa dilakukan oleh pihak operasi bandar udara dengan meninjau kembali lokasi-lokasi yang mengalami perubahan, kemudian melakukan pengevaluasian dari setiap kritik, saran, dan pernyataan pengguna jasa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Manajemen Bandar Udara |
Depositing User: | Admin MBU Poltekbangplg |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 08:02 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 08:02 |
URI: | http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/645 |