PENGARUH PELAYANAN GROUND HANDLING PT. KOKAPURA DALAM MENANGANI ARRIVAL BAGGAGE TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG

Aditya Prabowo, M.Dwiky (2023) PENGARUH PELAYANAN GROUND HANDLING PT. KOKAPURA DALAM MENANGANI ARRIVAL BAGGAGE TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG. Diploma thesis, Politeknik Penerbangan Palembang.

[thumbnail of COVER-BAB II.pdf] Text
COVER-BAB II.pdf - Accepted Version

Download (444kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (202kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[thumbnail of BAB V-Lampiran.pdf] Text
BAB V-Lampiran.pdf - Accepted Version

Download (497kB)
[thumbnail of SIMILARITY TA DWIKY-45-54.pdf] Text
SIMILARITY TA DWIKY-45-54.pdf - Accepted Version

Download (29kB)

Abstract

Ground handling agent membantu perusahaan maskapai dalam segala urusan
operasional pesawat pada saat fase pre-flight dan post- light, hal tersebut pun
mempengaruhi tingkat kepuasaan penumpang dalam menggunakan jasa
penerbangan. Kepuasan penumpang meruapakan perasaan senang atau puas
terhadap pelayanan yang diberikan petugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh penumpang akan pelayanan yang diberikan
maskapai melalui ground handling pada saat arrival handling di Bandar Udara
Internasioanl Jenderal Ahmad Yani Semarang. Desain penelitian ini merupakan
studi kuantitatif dengan tujuan menguji yang telah ditetapkan kepada penumpang
5 maskapai yang menggunakan jasa ground handling PT. Kokapura. Teknik yang
digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
kuisioner dan studi kepustakaan. Data dianalisis dengan Uji linieritas, Uji t,
Koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian menujukkan bahwa pelayanan
arrival baggage oleh ground handling PT. Kokapura berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad
Yani Semarang dengan hasil yang diperoleh thitung 21,182 > ttabel 1,985. Dengan
koefisien kolerasi sebesar 0,821 dan koefisien determinasi sebesar 82,1% dan
sisanya 17,9% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci: Ground Handling, Pelayanan, Kepuasan Penumpang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Manajemen Bandar Udara
Depositing User: rara dwi prameswari
Date Deposited: 29 Jul 2024 02:57
Last Modified: 29 Jul 2024 02:57
URI: http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item
View Item