Nugroho, Galih Budi (2024) PENGARUH KINERJA PERSONEL AIRPORT SECURITY TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN PEMERIKSAAN PENUMPANG DI BANDARA INTERNASIONAL ADI SOEMARMO SOLO. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN PALEMBANG.
COVER-BAB II.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (770kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (658kB) | Request a copy
BAB V-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
SIMILARITY CHECK.pdf - Accepted Version
Download (6MB)
Abstract
Kinerja personel adalah hasil kerja yang dicapai oleh seseorang melalui keterampilan, usaha, dan peluang saat melaksanakan tanggung jawabnya. Pelayanan merupakan suatu konsep yang meliputi perilaku dan inisiatif agar mampu memenuhi keperluan individu lainnya. Penelitian dengan judul “Pengaruh Kinerja Personel Airport Security Terhadap Kepuasan Pelayanan Pemeriksaan Penumpang di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo”. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk melihat apakah ada pengaruh dari kinerja personel airport security pada pelayanan di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo. Penelitian dilaksanakan dengan melakukan pengedaran kuesioner online via g-form kepada penumpang saat jam sibuk bandara. Desain penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif. Teknik sampling pada penelitian ini yaitu simple random sampling. Data dikumpulkan dengan metode survei (angket pernyataan) dengan sampel sebanyak 110 responden. Pengolahannya dilakukan memakai aplikasi SPSS dengan seri IBM SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan, variabel pelayanan yang diteliti memakai 10 item pernyataan dan didukung oleh 5 poin skala likert mempunyai nilai rerata 3,99, yaitu tergolong di kriteria antara 3,40–4,20. Maka dapat ditarik kesimpulan yaitu mayoritas penumpang di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo sudah merasa puas. Dari hasil penelitian didapatkan hasil pengujian t yang diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,005, artinya menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari kinerja personel airport security pada pelayanan di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo. Pada uji determinasi R2 dapat diketahui bahwa nilai persentase pengaruh kinerja personel airport security pada pelayanan adalah sebesar 36,7%, sebaliknya 63,3% di sebabkan oleh pemicu lain di samping kinerja. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil analisis tersebut yaitu bahwasanya variabel pelayanan pada penelitian ini termasuk dalam kategori puas dan kinerja personel berpengaruh serta signifikan terhadap pelayanan. Kata kunci: Pelayanan, Kinerja, Kepuasan, Airport Security
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Manajemen Bandar Udara |
Depositing User: | Admin MBU Poltekbangplg |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 01:30 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 01:30 |
URI: | http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/163 |