SILITONGA, EVANDRI PAULUS (2024) ANALISIS PENINGKATAN KESELAMATAN OPERASI PENERBANGAN PADA SHOULDER TAXIWAY STRIP DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL KUALANAMU. Bachelor thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN PALEMBANG.
COVER-BAB II.pdf - Accepted Version
Download (13MB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (13MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13MB)
BAB V-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Download (13MB)
FILE SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Download (35MB)
Abstract
Penelitian ini berfokus pada peningkatan keselamatan operasi penerbangan di Bandara Internasional Kualanamu dengan mengidentifikasi dan penyesuaian shoulder taxiway strip. Mengacu Doc ICAO 9157 Design Manual Part 2: Taxiways, Aprons, and Holding Bays, Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara PR Nomor 21 Tahun 2023, lebar strip taxiway eksisting tidak memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan untuk pesawat code letter E, minimal 43,5 meter. Dalam rangka sertifikasi bandara, penelitian ini menemukan bahwa kondisi eksisting lebar strip taxiway 32,5 meter dari sumbu taxiway terhadap strip (obstacle/saluran drainase terbuka) berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan operasional, terutama dalam situasi darurat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif pengumpulan data eksisting serta pendekatan observasi, wawancara, studi dokumensi, gap analysis serta analysis study sheet safety management risk dengan efektivitas solusi yang diusulkan dari perencanaan peningkatan shoulder taxiway strip. Dalam kajian teknis, dibahas penggunaan material precast box culvert untuk penutupan saluran terbuka pada shoulder intersection taxiway, untuk memenuhi daya dukung urgensi kendaraan support operasional bandara, dan efesiensi waktu meminimalkan mengganggu operasional bandara untuk memenuhi jarak strip yang memadai dan keandalan infrastruktur taxiway. Penelitian mengemukakan bahwa implementasi solusi tersebut secara signifikan dapat mengurangi risiko kecelakaan operasional pesawat serta penyesuaian infrastruktur dengan regulasi internasional dan nasional yang didukung data legal, administratif, dan teknikal. Kesimpulan dari studi ini menegaskan pentingnya pemenuhan standar keselamatan yang ditetapkan, peran teknologi, solusi inovatif meningkatkan infrastruktur bandara. Rekomendasi kebijakan yang dihasilkan ditujukan untuk pengelola bandara dan regulator bahwa justifikasi perencanaan dan implementasi perbaikan infrastruktur bandara di masa mendatang sebagai investasi yang sangat diprioritaskan demi terwujudnya keamanan dan keselamatan operasi penerbangan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Politeknik Penerbangan Palembang > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Bandar Udara |
Depositing User: | Admin TRBU Poltekbangplg |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 03:08 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 03:08 |
URI: | http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/174 |