AKBAR, AFRIANUS (2024) PENGARUH KETERSEDIAAN SIGNAGE TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN PENUMPANG DI TERMINAL KEBERANGKATAN BANDAR UDARA SULTAN SYARIF KASIM II PEKANBARU. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN PALEMBANG.
Cover-Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (547kB)
BAB 3.pdf
Download (241kB)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (285kB) | Request a copy
BAB 5-LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
TUGAS AKHIR_AFRIANUS AKBAR.pdf.pdf
Download (9MB)
Abstract
Terminal bandar udara merupakan tempat berlangsungnya proses alur penumpang dan barang. Tanda atau signage sangat diperlukan untuk menemukan tujuan yang dicari. Signage adalah pusat informasi penting bagi pengguna jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketersediaan signage terhadap kepuasan pelayanan penumpang di terminal keberangkatan Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan skala Likert sebagai alat ukur dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data terhadap 87 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, linearitas, dan analisis regresi linear sederhana. Uji Validitas: Seluruh pertanyaan untuk variabel X maupun Y memiliki nilai signifikan < 0,05, sehingga statusnya valid. Uji Reliabilitas: Nilai Cronbach's Alpha untuk variabel X adalah 0,872 dan untuk variabel Y adalah 0,855, yang menunjukkan bahwa instrumen penelitian reliabel. Uji Normalitas: Hasil uji normalitas menunjukkan titik-titik pada plot selalu mengikuti dan mendekati garis diagonal, sehingga distribusi nilai residual adalah normal. Uji Heteroskedastisitas: Hasil uji menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,055, yang berarti lebih dari 0,05, sehingga penelitian ini bebas dari gejala heteroskedastisitas. Uji Linearitas: Hasil uji linearitas menunjukkan nilai Sig < 0,05, yang berarti terdapat hubungan linear antara variabel ketersediaan signage dan kepuasan pelayanan penumpang. Uji Hipotesis: Nilai t hitung adalah 24,771, lebih besar dari t tabel yaitu 2,634, sehingga terdapat pengaruh signifikan variabel X terhadap variabel Y. Koefisien Determinan (R²): Nilai R² sebesar 0,878, yang berarti ketersediaan signage berpengaruh sebesar 87% terhadap kepuasan pelayanan penumpang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketersediaan signage yang memadai memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kepuasan penumpang sebesar 87%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Manajemen Bandar Udara |
Depositing User: | Admin MBU Poltekbangplg |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 04:00 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 04:00 |
URI: | http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/216 |