PENGARUH JUMLAH PERSONIL CUSTOMER SERVICE PASCA COVID TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG BANDAR UDARA SULTAN SYARIF KASIM II PEKANBARU

SIHOMBING, FAJAR DUARI JONATAN (2024) PENGARUH JUMLAH PERSONIL CUSTOMER SERVICE PASCA COVID TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG BANDAR UDARA SULTAN SYARIF KASIM II PEKANBARU. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN PALEMBANG.

[thumbnail of COVER-BAB 2.pdf] Text
COVER-BAB 2.pdf - Accepted Version

Download (630kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf - Accepted Version

Download (308kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[thumbnail of BAB 5-LAMPIRAN.pdf] Text
BAB 5-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of Similarity.pdf] Text
Similarity.pdf - Accepted Version

Download (13MB)

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah personil Customer Service pasca Covid terhadap kepuasan penumpang, penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkurangnya personil Customer Service pasca Covid di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Sultan Syarif Kasim II memiliki penerbangan domestik dan internasional yang padat, dikarenakan banyaknya penumpang maka dibutuhkan pelayanan informasi yang memadai di bandara tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengujian instrumen, asumsi klasik, regresi liner sederhana, dan hipotesis. Populasi penelitan ini ialah rata-rata penumpang saat peak hour bulan oktober tahun 2023 sejumlah 590 penumpang. Metode yang digunakan untuk mendapatkan sampel yaitu Insidental Sampling. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang digunakan adalah 106 responden berdasarkan acuan dari skala pemahaman Roscoe. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner berupa angket menggunakan google formulir dengan format skala likert, dan dokumentasi gambar/foto yang didapat saat melakukan On The Job Training di Bandara tersebut. Dalam penelitian ini digunakan taraf signifikansi sebesar 5% dan pada uji hipotesis didapatkan bahwa hasil signifikansi sebesar 0.00 atau < 0.05, dengan nilai R^2 sebesar 0.422. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan antara variabel x dengan variabel y sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dan didapat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh sebesar 42% antara jumlah personil Customer Service Pasca Covid terhadap kepuasan penumpang Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Kata kunci : Jumlah Personil,Customer Service,Kepuasan Penumpang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Manajemen Bandar Udara
Depositing User: Admin MBU Poltekbangplg
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:13
Last Modified: 16 Aug 2024 04:13
URI: http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item
View Item