ANALISIS PERHITUNGAN TEBAL PERKERASAN RIGID MENGGUNAKAN METODE EMPIRIS PADA PARKING STAND 7 dan 8 di BANDAR UDARA HUSEIN SASTRANEGARA BANDUNG

ADITAMA, DIAZ (2024) ANALISIS PERHITUNGAN TEBAL PERKERASAN RIGID MENGGUNAKAN METODE EMPIRIS PADA PARKING STAND 7 dan 8 di BANDAR UDARA HUSEIN SASTRANEGARA BANDUNG. Bachelor thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN PALEMBANG.

[thumbnail of COVER - BAB II (2).pdf] Text
COVER - BAB II (2).pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III (2).pdf] Text
BAB III (2).pdf - Accepted Version

Download (381kB)
[thumbnail of BAB IV (2).pdf] Text
BAB IV (2).pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V - LAMPIRAN (2).pdf] Text
BAB V - LAMPIRAN (2).pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Plagiasi Tugas Akhir.pdf] Text
Plagiasi Tugas Akhir.pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

Boeing 737-800 merupakan pesawat terpenting di Bandara Husein Sastranegara Bandung yang memiliki ruang apron berukuran 388 x 80 meter dan delapan parking stand. Permasalahan pada struktur perkerasan apron yang sudah mulai mengelupas dan perhitungan PCN Bandara Husein Sastranegara Bandung belum sesuai standar ketentuan regulasi karena nilai Aircraft Classification Number (ACN) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai PCN. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis perkerasan rigid apron 7 dan 8 untuk menaikkan nilai PCN pada apron. Jenis penelian kualitatif, dengan metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data numerik melalui hasil survey dokumentasi teknis dibandar udara didukung oleh wawancara dan studi literatur. Hasil penelitian didapat dengan metode empiris yaitu perumusan matematis sesuai dokumen FAA 150/5320-6D sehingga didapatkan nilai layering subbase sebesar 254 mm, stabilized base 130 mm, dan surface slab beton sebesar 381 mm dan total 765 mm. Nilai PCN didapatkan sebesar 63 atau 63 R/B/W/T dan hal ini telah sesuai dengan rekomendasi KP 39 Tahun 2015 tentang Standar Teknis dan Praktis Perkerasan Sipil Peraturan Keselamatan yaitu ACN<PCN. Hasil perhitungan ini dapat menjadi pertimbangan dalam menambah dan mendukung perencanaan setiap layering perkerasan pada parking stand untuk memastikan keselamatan dan keamanan pergerakan pesawat udara di Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Politeknik Penerbangan Palembang > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Bandar Udara
Depositing User: Admin TRBU Poltekbangplg
Date Deposited: 16 Aug 2024 08:07
Last Modified: 16 Aug 2024 08:07
URI: http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item
View Item