Thursina, Andayani, M.Sc. and M. Syukri, Pesilette, S.T., M.M. and Wulan, Widiya Rahayu and Dr. Ir., Setiyo, M.M (2024) IMPLEMENTATION OF BILINGUAL LEARNING AT PALEMBANG AVIATION POLYTECHNIC: PERSPECTIVES,CHALLENGES AND BARRIERS. IMPLEMENTATION OF BILINGUAL LEARNING AT PALEMBANG AVIATION POLYTECHNIC: PERSPECTIVES,CHALLENGES AND BARRIERS.
![[thumbnail of IMPLEMENTATION OF BILINGUAL LEARNING AT PALEMBANG AVIATION POLYTECHNIC- Abstrak.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IMPLEMENTATION OF BILINGUAL LEARNING AT PALEMBANG AVIATION POLYTECHNIC- Abstrak.pdf
Download (148kB)
![[thumbnail of IMPLEMENTATION OF BILINGUAL LEARNING AT PALEMBANG AVIATION POLYTECHNIC - Pendahuluan.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IMPLEMENTATION OF BILINGUAL LEARNING AT PALEMBANG AVIATION POLYTECHNIC - Pendahuluan.pdf
Download (75kB)
![[thumbnail of IMPLEMENTATION OF BILINGUAL LEARNING AT PALEMBANG AVIATION POLYTECHNIC - isi.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IMPLEMENTATION OF BILINGUAL LEARNING AT PALEMBANG AVIATION POLYTECHNIC - isi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (195kB)
![[thumbnail of IMPLEMENTATION OF BILINGUAL LEARNING AT PALEMBANG AVIATION POLYTECHNIC - Daftar Pustaka.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IMPLEMENTATION OF BILINGUAL LEARNING AT PALEMBANG AVIATION POLYTECHNIC - Daftar Pustaka.pdf
Download (152kB)
Abstract
Pembelajaran bilingual merupakan suatu program pembelajaran dua bahasa, yaitu bahasa ibu dan bahasa asing sebagai media pengantar pembelajaran. Politeknik Penerbangan Palembang telah melaksanakan program pembelajaran bilingual sesuai dengan kurikulum pembelajaran yang telah di sahkan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, Kementerian Perhubungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai tingkat keberhasilan pelaksanaan pembelajaran bilingual di Politeknik Penerbangan Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara, dengan menggunakan teknik sampel menyeluruh dan melibatkan seluruh dosen dan taruna/i dengan total 297 (12 dosen dan 286 taruna/i). Analisis tematik digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar perspektif dosen dan taruna/i menunjukkan respon positif namun masih dianggap perlu untuk ada perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran bilingual agar lebih efektif. Dalam pelaksanaan pembelajaran bilingual tentunya terdapat beberapa isu yang muncul terkait tantangan dan hambatan selama pembelajaran bilingual. Dalam hal tantangan, ditemukan bahwa para partisipan merasa tidak termotivasi untuk berbicara dalam bahasa Inggris dan mereka bingung terhadap bahasa Inggris yang khusus digunakan dalam bidang aviasi dan tujuan pada pembelajaran bilingual. Lebih lanjut, dosen dan taruna/i menghadapi hambatan berkaitan dengan sumber material pembelajaran, dukungan infrastruktur, sikap, dan kemampuan berbahsa Inggris.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unit Perpustakaan |
Date Deposited: | 02 May 2025 08:02 |
Last Modified: | 02 May 2025 08:02 |
URI: | http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/414 |