Tiur, Putri Meilinda (2025) Pengaruh Layout Area Drop Zone Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Diploma thesis, Politeknik Penerbangan Palembang.
![[thumbnail of COVER - BAB II.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER - BAB II.pdf - Submitted Version
Download (654kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf - Submitted Version
Download (378kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (576kB)
![[thumbnail of BAB V - LAMPIRAN.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V - LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Download (1MB)
Abstract
Di perkembangan zaman yang sangat maju ini transportasi udara menduduki peran penting di bidang transportasi. Bandar Udara adalah pusat transportasi udara sebagai penghubung kota dan negara. Peningkatan kualitas pelayanan sangat bermanfaat untuk perusahaan dengan menawarkan jasa seperti bandara. Salah satu area yang termasuk dalam standar pelayanan di bandara ialah area terminal khususnya area Drop Zone. Area Drop Zone di Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang masih belum optimal, hal ini berpotensi menyebabkan terjadinya kemacetan dan kepadatan lalu lintas, terutama pada saat jam sibuk (Peak Hour). Tujuan penelitian ini untuk mengukur pengaruh Layout area Drop Zone terhadap kepuasan penumpang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan pendekatan observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Variabel bebas pada penelitian ini berupa Layout area Drop Zone dan variabel terikatnya berupa kepuasan penumpang. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah penumpang pada saat Peak Hour Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang dengan pengambilan sampel sebanyak 60 responden. Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung sebesar 11.246 dengan taraf signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Yang mengartikan 〖 H〗_0 ditolak, dan H1 diterima. Variabel kepuasan penumpang diperoleh dari nilai R Square yaitu sebesar 0.686% atau sebesar 68.6%. Kesimpulan dari penelitian ini ialah variabel kepuasan penumpang (Y) dipengaruhi oleh variabel Layout area Drop Zone (X) sebesar 68.6% dan sisanya 31.4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Manajemen Bandar Udara |
Depositing User: | Admin MBU Poltekbangplg |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:09 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:09 |
URI: | http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/464 |