DIGITALISASI LOGBOOK HARIAN CUSTOMER SERVICE UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERSONIL DI BANDAR UDARA SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II PALEMBANG

Nabila, Izzah Aulia (2025) DIGITALISASI LOGBOOK HARIAN CUSTOMER SERVICE UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERSONIL DI BANDAR UDARA SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Penerbangan Palembang.

[thumbnail of Cover - BAB II.pdf] Text
Cover - BAB II.pdf - Submitted Version

Download (815kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Submitted Version

Download (572kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB V - Lampiran.pdf] Text
BAB V - Lampiran.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Customer Service merupakan unit yang bersentuhan langsung dengan penumpang. Unit ini memiliki tugas seperti standby di Public Information Desk (PID), Public Adress System (PAS), dan mobile di area Check-in, banyaknya pekerjaan dan keterbatasan petugas menyebabkan menurunnya kinerja personil. Proses input data yang menggunakan logbook konvensional memiliki banyak kekurangan seperti kesalahan dalam penulisan, pengulangan pekerjaan, dan logbook konvensional lebih mudah rusak dan hilang, serta data yang dihasilkan tidak real time. Oleh karena itu untuk meningkatkan kinerja personil perusahaan harus menyediakan fasilitas pendukung seperti mengembangkan logbook digital. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kinerja personil di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan teknik SDLC (System Development Life Cycle) dengan model waterfall yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, implementation, testing, dan maintenance. Aplikasi ini telah dilakukan validasi oleh ahli media dengan hasil validasi 82,2% dan ahli praktisi dengan hasil validasi 86,25% dengan kategori “Sangat Layak”. Aplikasi ini dikembangkan dengan platform yang disediakan oleh google yaitu appsheet, yang sudah dilakukan pengujian menggunakan Black box testing. Implikasi keberhasilan aplikasi CSFAST dapat diakses melalui multiplatform, mempermudah proses input data, meminimalisir human error serta meningkatkan kinerja personil di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Manajemen Bandar Udara
Depositing User: Admin MBU Poltekbangplg
Date Deposited: 07 Aug 2025 03:09
Last Modified: 07 Aug 2025 03:09
URI: http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/477

Actions (login required)

View Item
View Item