Nadira Dwi, Apriana (2025) PENGARUH PELAYANAN UNIT APRON MOVEMENT CONTROL TERHADAP KEPUASAN PERSONEL GROUND HANDLING PT LION GRUP BANDARA INTERNASIONAL BATAM. Diploma thesis, Politeknik Penerbangan Palembang.
![[thumbnail of COVER- BAB II.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER- BAB II.pdf - Submitted Version
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf - Submitted Version
Download (746kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (798kB)
![[thumbnail of BAB V- LAMPIRAN.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V- LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Download (2MB)
Abstract
Unit Apron Movement Control (AMC) berperan penting dalam mengatur pergerakan di apron agar kegiatan ground handling berjalan lancar. Pelayanan yang diberikan unit AMC, seperti pelayanan pengoperasian docking maupun undocking aviobridge. Namun, dalam kondisi dilapangan mengalami kendala koordinasi dan komunikasi yang berdampak pada keterlambatan layanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pelayanan unit AMC dan seberapa besar pengaruhnya terhadap kepuasan personel ground handling Bandara Internasional Batam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif survei dengan instrumen penelitian melalui pengambilan data dari kuesioner dengan sampel 57 responden. Responden dalam penelitian ini yaitu personel ground handling. Dari jawaban responden, data tersebut diolah menggunakan program aplikasi IBM SPSS Statistic versi 27. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikan pada uji hipotesis sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dengan uji koefisien determinasi sebesar 35,7% yang diukur dari beberapa indikator, yaitu keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), bukti fisik (tangibles), dan empati (empathy). Dari kelima indikator tersebut, indikator bukti fisik perlu di evaluasi lagi agar pelayanan unit AMC memiliki kualitas pelayanan yang baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pelayanan unit AMC terhadap kepuasan personel ground handling PT Lion Grup Bandara Internasional Batam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Manajemen Bandar Udara |
Depositing User: | Admin MBU Poltekbangplg |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 04:47 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 04:47 |
URI: | http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/506 |