MUHAMMAD FAJAR, RIZKI (2025) STRATEGI OPTIMALISASI PEMELIHARAAN KENDARAAN UTAMA UNTUK KESIAPAN OPERASIONAL UNIT ARFF (AIRPORT RESCUE AND FIRE FIGHTING) DI BANDAR UDARA FATMAWATI SOEKARNO BENGKULU. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN PALEMBANG.
![[thumbnail of COVER- BAB 2.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER- BAB 2.pdf - Submitted Version
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB 3.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3.pdf - Submitted Version
Download (268kB)
![[thumbnail of BAB 4.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (556kB)
![[thumbnail of BAB 5-LAMPIRAN.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5-LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan sistem pemeliharaan kendaraan utama pada unit Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) di Bandar Udara Fatmawati Soekarno Bengkulu. Kendaraan utama seperti foam tender dan Rapid Intervention Vehicle (RIV) merupakan elemen penting dalam menunjang response time pada saat keadaan darurat, sehingga pemeliharaannya harus dilaksanakan secara optimal. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, dokumentasi, wawancara semi- terstruktur terhadap lima narasumber, serta penyebaran pertanyaan wawancara terstruktur ke seluruh personel ARFF yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerusakan teknis seperti solenoid valve yang tidak berfungsi otomatis dan sistem pengereman yang lemah berpengaruh terhadap kesiapan operasional kendaraan. Pelaksanaan pemeliharaan preventive dan corrective belum berjalan maksimal akibat keterbatasan pelatihan teknis, ketergantungan pada pihak ketiga, serta sulitnya memperoleh suku cadang. Melalui gap analysis, ditemukan bahwa prosedur pemeliharaan belum sepenuhnya sesuai dengan PR 30 Tahun 2022 dan SOP internal unit. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kompetensi personel teknis, pengadaan suku cadang secara terencana, serta pemeliharaan jadwal pemeliharaan agar seluruh kendaraan utama selalu dalam kondisi “ready to use” guna mendukung keselamatan penerbangan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Penyelamatan Dan Pemadam Kebakaran Penerbangan |
Depositing User: | Admin PPKP Poltekbangplg |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 04:53 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 04:53 |
URI: | http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/517 |