Muhammad Ichsan, Ramadhani (2025) RANCANG BANGUN SAND PATCH ROTATOR UNTUK PENGUKURAN KEKESATAN LANDAS PACU DI BANDAR UDARA. Bachelor thesis, Politeknik Penerbangan Palembang.
![[thumbnail of Cover - Bab II.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover - Bab II.pdf - Submitted Version
Download (836kB)
![[thumbnail of Bab III.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab III.pdf - Submitted Version
Download (549kB)
![[thumbnail of Bab IV.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of Bab V - Lampiran.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab V - Lampiran.pdf - Submitted Version
Download (3MB)
Abstract
Kekesatan permukaan landas pacu merupakan parameter krusial dalam menjaga keselamatan operasional penerbangan, khususnya saat kondisi cuaca basah. Metode pengukuran yang umum digunakan adalah sand patch test, namun pelaksanaannya secara manual masih menghadapi keterbatasan dalam hal konsistensi dan akurasi akibat subjektivitas operator serta gangguan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menganalisis kinerja prototipe Sand Patch Rotator sebagai inovasi alat bantu pengukuran kekesatan landas pacu. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model Borg & Gall yang dimodifikasi hingga tujuh tahap, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, validasi ahli, serta uji coba fungsional dan ketergunaan. Hasil validasi ahli menunjukkan skor sebesar 93,63% (kategori sangat baik). Uji fungsional membuktikan bahwa prototipe mampu menghasilkan sebaran pasir yang konsisten dengan koefisien variasi sebesar 2,03%. Rata-rata waktu operasional selama 49,33 detik mencerminkan peningkatan efisiensi dibanding metode manual. Dibandingkan metode manual, alat ini secara signifikan meningkatkan akurasi, efisiensi, dan konsistensi hasil pengukuran kekesatan. Dengan demikian, Sand Patch Rotator berpotensi menjadi solusi praktis bagi bandara dalam pemantauan kondisi landas pacu secara lebih andal.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Politeknik Penerbangan Palembang > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Bandar Udara |
Depositing User: | Admin TRBU Poltekbangplg |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 09:32 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 09:32 |
URI: | http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/558 |