OPTIMALISASI PELAYANAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI AREA DROP ZONE BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA

Muhammad, Rizky Alfarizi (2025) OPTIMALISASI PELAYANAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI AREA DROP ZONE BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA. Diploma thesis, Politeknik Penerbangan Palembang.

[thumbnail of cover - BAB II.pdf] Text
cover - BAB II.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Submitted Version

Download (404kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[thumbnail of BAB V - Lampiran.pdf] Text
BAB V - Lampiran.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya merupakan salah satu bandara yang melayani berbagai jenis penumpang, termasuk penumpang dengan kebutuhan khusus atau disabilitas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya fasilitas dan layanan yang mendukung aksesibilitas bagi penumpang disabilitas, khususnya pada area drop zone bandara. Dalam situasi ini, Tombol Bantuan merupakan salah satu solusi yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dengan memberikan kemudahan akses dan bantuan cepat dalam mendapatkan kursi roda bagi penumpang disabilitas. Pada penelitian ini, penulis melakukan analisis data dengan cara research & revelopment. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi langsung pada area drop zone, dokumentasi mengenai prosedur pelayanan yang ada, serta wawancara bersama petugas bandara. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas perencanaan fasilitas Tombol Bantuan di area drop zone sebagai upaya peningkatan pelayanan bagi penumpang penyandang disabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan Tombol Bantuan berkontribusi positif terhadap peningkatan aksesibilitas dan kenyamanan pengguna layanan disabilitas. Fasilitas ini juga mendukung koordinasi yang lebih efisien antara petugas bandara dan pihak maskapai dalam memberikan layanan yang sesuai kebutuhan. Selain itu, penggunaan Tombol Bantuan sedikit mengganggu kinerja petugas customer service, melainkan membantu dalam pemetaan dan respons kebutuhan penumpang secara lebih tepat sasaran. Dengan demikian, penerapan inovatif Tombol Bantuan direkomendasikan sebagai bagian dari optimalisasi layanan inklusif di area drop zone Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Manajemen Bandar Udara
Depositing User: Admin MBU Poltekbangplg
Date Deposited: 08 Aug 2025 08:46
Last Modified: 08 Aug 2025 08:46
URI: http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/565

Actions (login required)

View Item
View Item