PENGARUH PELAYANAN DAN ON TIME PERFORMANCE GARBARATA TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG

Guna, Gede Andre Wira (2025) PENGARUH PELAYANAN DAN ON TIME PERFORMANCE GARBARATA TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG. Diploma thesis, Politeknik Penerbangan Palembang.

[thumbnail of COVER-BAB 2_TA GEDE ANDRE WIRA GUNA_MBU3B.pdf] Text
COVER-BAB 2_TA GEDE ANDRE WIRA GUNA_MBU3B.pdf - Submitted Version

Download (976kB)
[thumbnail of BAB 3_TA GEDE ANDRE WIRA GUNA_MBU3B.pdf] Text
BAB 3_TA GEDE ANDRE WIRA GUNA_MBU3B.pdf - Submitted Version

Download (339kB)
[thumbnail of BAB 4_TA GEDE ANDRE WIRA GUNA_MBU3B.pdf] Text
BAB 4_TA GEDE ANDRE WIRA GUNA_MBU3B.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[thumbnail of BAB 5-LAMPIRAN_TA GEDE ANDRE WIRA GUNA_MBU3B.pdf] Text
BAB 5-LAMPIRAN_TA GEDE ANDRE WIRA GUNA_MBU3B.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Kualitas pelayanan dan on-time performance merupakan indikator penting dalam menciptakan kepuasan penumpang. Salah satu fasilitas penunjang kenyamanan dan efisiensi di bandara adalah garbarata, yang berfungsi menghubungkan terminal dengan pesawat secara langsung. Di Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang, peningkatan frekuensi penerbangan menimbulkan tantangan tersendiri terhadap pengelolaan garbarata, terutama saat jam waktu sibuk atau kondisi cuaca buruk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan on time performance garbarata terhadap kepuasan penumpang. Penelitiaan ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan kuesioner melalui perangkat lunak Google form sebagai media pengumpulan data. Variabel bebas berupa pelayanan dan on time performance, sedangkan variabel terikatnya berupa kepuasan penumpang. Populasi sebesar 548 orang penumpang berdasarkan jumlah rata-rata penumpang yang melakukan keberangkatan pada jam sibuk (peak hour) di bulan November 2024, dengan sampel sebanyak 60 responden yang diperoleh dari teknik pengambilan sampel Tabel Yount 1999, yaitu 10% dari total populasi. Data diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS versi ke-26 dan dianalisis dengan independent sampel t-test 5%. Hasil uji t menunjukkan untuk X1, memperoleh nilai signifikansi 0,000 yang menunjukan nilai lebih kecil dari 0,05, menjelaskan H0 ditolak dan X2 memperoleh nilai signifikansi 0,001 yang menunjukan nilai lebih kecil dari 0,05, menjelaskan H0 ditolak. Hasil Uji F memperoleh nilai signifikansi 0,000 yang menunjukan nilai lebih kecil dari 0,05 menjelaskan H0 ditolak, pada nilai fhitung (78,851) secara signifikan lebih besar dibanding dengan nilai ftabel (3,16). Kesimpulan penelitian ini antara lain, terdapat pengaruh antara pelayanan garbarata secara parsial terhadap kepuasan penumpang, terdapat pengaruh antara on time perfomance garabrata secara parsial terhadap kepuasan penumpang, dan terdapat pengaruh antara pelayanan dan on time performance garbarata terhadap kepuasan penumpang dengan koefisien determinasi yang cukup kuat sebesar 73,5%, sedangkan 26,5% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.

Kata Kunci: Pelayanan, On Time Performance, Kepuasan Penumpang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Manajemen Bandar Udara
Depositing User: Admin MBU Poltekbangplg
Date Deposited: 11 Aug 2025 00:23
Last Modified: 11 Aug 2025 00:23
URI: http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/569

Actions (login required)

View Item
View Item