RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DAN PERHITUNGAN NILAI PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) PADA PERKERASAN LENTUR RUNWAY BERBASIS WEBSITE

Putut Air, Lannga (2025) RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DAN PERHITUNGAN NILAI PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) PADA PERKERASAN LENTUR RUNWAY BERBASIS WEBSITE. Bachelor thesis, Politeknik Penerbangan Palembang.

[thumbnail of Cover sampai Bab2.pdf] Text
Cover sampai Bab2.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Submitted Version

Download (748kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan pergerakan pesawat memberikan tekanan signifikan pada infrastruktur airside bandar udara, khususnya runway yang berperan penting dalam keselamatan penerbangan. Kerusakan pada perkerasan runway dapat berdampak serius terhadap operasional bandara, sehingga diperlukan program pemeliharaan rutin. Salah satu program pemeliharaan untuk menilai kondisi perkerasan yang digunakan secara Internasional adalah metode Pavement Condition Index. Namun, proses penilaian PCI secara manual memerlukan waktu pengumpulan data yang lama, bersifat subjektif, dan kurang efisien. Pada penelitian-penelitian sebelumnya telah menerapkan metode Artificial Intelligence seperti You Only Look Once dalam mendeteksi kerusakan perkerasan, serta menggunakan pendekatan PCI untuk menilai kondisi perkerasan. Akan tetapi, sebagian besar studi tersebut hanya berfokus pada salah satu aspek, seperti deteksi visual tanpa perhitungan nilai PCI dan sebaliknya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem berbasis web yang mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan menggunakan model YOLOv8 untuk mendeteksi jenis kerusakan perkerasan secara otomatis, serta menghitung nilai PCI dengan metode interpolasi linier. Penelitian dilakukan dengan pendekatan Research and Development dengan model Borg and Gall yang dibatasi hingga enam tahap: analisis masalah, pengumpulan data, perancangan, validasi, revisi, dan uji coba produk. Hasil pengujian menunjukkan sistem mampu mendeteksi jenis kerusakan dengan akurasi 82%, serta menghasilkan nilai PCI dengan deviasi rata-rata hanya 1,38% dibandingkan metode manual. Dengan demikian, sistem ini dinyatakan efektif dan layak digunakan sebagai alat bantu inspeksi dan evaluasi kondisi perkerasan runway secara otomatis, objektif, dan efisien.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Politeknik Penerbangan Palembang > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Politeknik Penerbangan Palembang > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Teknologi Rekayasa Bandar Udara
Depositing User: Admin TRBU Poltekbangplg
Date Deposited: 15 Aug 2025 08:04
Last Modified: 15 Aug 2025 08:04
URI: http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item
View Item