PENGARUH FASILITAS SELF CHECK IN PADA ANTRIAN CHECK IN COUNTER TERHADAP PENINGKATAN LAYANAN SAAT JAM SIBUK DI TERMINAL 1 BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA

Muflih, Afif (2024) PENGARUH FASILITAS SELF CHECK IN PADA ANTRIAN CHECK IN COUNTER TERHADAP PENINGKATAN LAYANAN SAAT JAM SIBUK DI TERMINAL 1 BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA. Diploma thesis, Politeknik Penerbangan Palembang.

[thumbnail of Cover-Bab 2.pdf] Text
Cover-Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (613kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (334kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[thumbnail of Bab 5-Lampiran.pdf] Text
Bab 5-Lampiran.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of Similarty.pdf] Text
Similarty.pdf - Accepted Version

Download (12MB)

Abstract

Bandar udara internasional Juanda sering terdapat antrian panjang penumpang tepatnya di departure 3 dan departure 4 karena di area tersebut sering terjadi penumpukan antrian. Sedangkan, terdapat fasilitas self check in bisa digunakan untuk peningkatan layanan saat jam sibuk bagi penumpang yang tidak membawa bagasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Fasilitas Self Check In Pada Antrian Check in Counter Terhadap Peningkatan Layanan Saat Jam Sibuk Di Terminal 1 Bandar Udara Internasional Juanda. Penelitian ini menggunakan metode statistik kuantitatif dengan populasi yang diambil saat waktu sibuk (peak hour) keberangkatan, pada tanggal 23 Desember 2023 pukul 16.00 wib dengan jumlah 2446 penumpang di terminal 1 bandar udara internasional Juanda. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 96 responden sebagai sumber data dengan menggunakan teknik random sampling. Data yang didapat akan diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 26 untuk mencari hasil penelitian. Setelah melakukan pengolahan data penelitian sehingga mendapat hasil bahwa terdapat pengaruh Pengaruh Fasilitas Self Check In Pada Antrian Check in Counter Terhadap Peningkatan Layanan. Melalui pengujian hipotesis yang menghasilkan nilai thitung > ttabel atau 4,050 > 1,985 artinya H0 ditolak. Berdasarkan hasil nilai R square atau nilai koefisien determinasi sebesar 14,9% yang berarti kemampuan mempengarui dari self check in terhadap peningkatan layanan adalah sebesar 14,9%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulan dari penelitian ini adalah Fasilitas self check in pada antrian check in counter berpengaruh positif terhadap peningkatan layanan.

Kata Kunci: Check in, penumpang, layanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Manajemen Bandar Udara
Depositing User: Admin MBU Poltekbangplg
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:05
Last Modified: 19 Aug 2024 08:05
URI: http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item
View Item