ANALISIS TINGKAT KEPUASAN OPERATOR AIRPORT OPERATION TERHADAP APLIKASI TRAVELIN PADAKONSEP SMART AIRPORT 4.0.

HARAHAP, ATIKAH HANAN MARSA (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN OPERATOR AIRPORT OPERATION TERHADAP APLIKASI TRAVELIN PADAKONSEP SMART AIRPORT 4.0. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN PALEMBANG.

[thumbnail of COVER - BAB II.pdf] Text
COVER - BAB II.pdf - Accepted Version

Download (931kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (444kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[thumbnail of BAB V - LAMPIRAN.pdf] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of FILE SIMILARITY.pdf] Text
FILE SIMILARITY.pdf - Accepted Version

Download (13MB)

Abstract

Untuk mengimplementasikan konsep Smart Airport 4.0, salah satu pendekatan yang dapat digunakan yaitu melalui aplikasi yang ada di perangkat seluler. Segala informasi dan berita yang ingin diketahui dapat dengan mudah diakses hanya melalui satu sentuhan. Begitupula dengan Aplikasi Travelin. Aplikasi Travelin adalah aplikasi bandara yang bertujuan untuk membantu penumpang pre, on, maupun post journey. Segala fiturnya yang diharapkan dapat membantu penumpang untuk mendapatkan pengalaman yang seamless. Para operator juga memiliki tujuan yang sama dengan memberikan penumpang pengalaman terbaik selama melakukan perjalanan dan memastikan kelancaran operasional. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah para operator merasa puas terhadap aplikasi Travelin dalam membantu kelancaran operasional, dan apakah aplikasi ini dapat dijadikan tahap awal suatu bandara untuk menerapkan konsep Smart Aiport 4.0. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan dibantu dengan indikator pernyataan dengan 6 aspek acuan dari PIECES Framework, yaitu: Performance, Information and Data, Economics, Control and Security, Efficiency, dan Service. Dengan penyebaran kuesioner pada personel Airport Operation yang berjumlah 45 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para operator merasa “Ragu-Ragu” terhadap 6 aspek tersebut. Namun operator merasa “Puas” terhadap aplikasi Travelin pada konsep Smart Aiport 4.0.

Kata Kunci : Tingkat Kepuasan; Smart Airport 4.0; PIECES Framework; Travelin

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Manajemen Bandar Udara
Depositing User: Admin MBU Poltekbangplg
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:56
Last Modified: 19 Aug 2024 07:56
URI: http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/362

Actions (login required)

View Item
View Item