ANALISIS PEMELIHARAAN KENDARAAN UTAMA DALAM MENUNJANG PELAYANAN PADA UNIT PKP-PK BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUWATA TARAKAN

M. FIQIH, KARENZU (2023) ANALISIS PEMELIHARAAN KENDARAAN UTAMA DALAM MENUNJANG PELAYANAN PADA UNIT PKP-PK BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUWATA TARAKAN. Diploma thesis, Politeknik penerbangan palembang.

[thumbnail of COVER-BAB II.pdf] Text
COVER-BAB II.pdf - Accepted Version

Download (449kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[thumbnail of BAB V-LAMPIRAN.pdf] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (994kB)
[thumbnail of Turnitin_M.Fiqih Karenzu.pdf] Text
Turnitin_M.Fiqih Karenzu.pdf - Accepted Version

Download (24kB)

Abstract

Dalam upaya guna menunjang operasional PKP-PK dilakukan pemeliharaan kendaraan yaitu preventive maintenance dan corrective maintenance dengan rutin agar mencegah terjadinya kerusakan pada kendaraan utama. Tujuan dari penelitian kali ini yaitu mengetahui dan menganalisis bagaimana prosedur pemeliharaan fasilitas kendaraan utama foam tender dan pengaruh dari kerusakan foam tender pada unit PKP-PK Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data gap analysis serta menggunakan data primer melalui wawancara dengan 3 narasumber menggunakan data observasi dan dokumentasi. Data sekunder berupa dokumen, buku, jurnal dan regulasi sebagai data pelengkap dan pendukung penulisan pada penelitian ini. Berdasarkan data yang di ambil dari wawancara dan dokumentasi yang di ambil, peneliti dapat mengambil hasil bahwa pada unit PKP-PK bandar udara internasional juwata tarakan memiliki kategori 7 dengan minimum kapasitas air 12.100 liter serta memeliki dua kendaraan utama yang sudah melewati masa peremajaan yaitu lebih dari dua puluh tahun yaitu foam tender type IV dengan kapasitas air 4.000 liter dan satu kendaraan utama foam tender type II dengan kapasitas 9.000 liter yang mengalami kerusakan pada pneumatuic system dan kebocoran oli mesin yang belum terjadinya pergantian atau perbaikan. Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa corrective maintenance belum dilaksanakan secara maksimal, corrective maintenance harus dilakukan guna menjaga agar kendaraan tetap dalam kedaan ready for use serta kategori bandar udara dapat di pertahankan dan kapsitas minimum air dapat terpenuhi.
Kata Kunci : Unit PKP-PK, Pemeliharaan Kendaraan Utama, Kategori Bandar Udara PKP-PK

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Penyelamatan Dan Pemadam Kebakaran Penerbangan
Depositing User: rara dwi prameswari
Date Deposited: 04 Mar 2024 03:12
Last Modified: 04 Mar 2024 03:12
URI: http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/81

Actions (login required)

View Item
View Item