SINKRONISASI PENGALOKASIAN PARKING STAND, GATE DAN FLIGHT INFORMATION DISPLAY SYSTEM (FIDS) GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA

PUTRI, DWI (2023) SINKRONISASI PENGALOKASIAN PARKING STAND, GATE DAN FLIGHT INFORMATION DISPLAY SYSTEM (FIDS) GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA. Diploma thesis, Politeknik Penerbangan Palembang.

[thumbnail of COVER - BAB II.pdf] Text
COVER - BAB II.pdf - Accepted Version

Download (427kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (205kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[thumbnail of BAB V - LAMPIRAN.pdf] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of DWI PUTRI PLAGIARISM-61-73.pdf] Text
DWI PUTRI PLAGIARISM-61-73.pdf - Accepted Version

Download (32kB)

Abstract

Sejak sempat terhenti akibat pandemic Covid 19, pertumbuhan jasa angkutan udara kini kembali meningkat. Salah satunya ialah Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, yang merupakan bandara dibawah naungan PT Angkasa Pura 1. Saat ini di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya menunjukkan peningkatan jumlah penumpang dan penerbangan semenjak sempat menurun akibat fenomena Covid 19 yaitu sebanyak 63.806 jumlah penerbangan dan 8.690.051 jumlah penumpang arrival dan departure pada tahun 2022. Berdasarkan fenomena dilapangan dijumpai bahwa terjadi 15-35% ketidaksesuaian informasi gate yang tertera pada Boarding Pass dan layar Flight Information Display System (FIDS) setiap harinya. Hal ini memang tidak selalu menimbulkan bahaya namun hal ini memiliki resiko terjadinya clash boarding atau penumpang salah masuk pesawat hingga penumpang ketinggalan.
Masalah terkait pelayanan adalah masalah yang sangat mendasar tapi harus diperhatikan demi kenyamanan dan kualitas pelayanan bagi penumpang di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan data yang digunakan adalah observasi penulis secara langsung dilapangan yaitu berupa selisih boarding gate antara yang telah direncanakan dan yang akan digunakan dalam suatu penerbangan. Adapun simpulan hasil dari Penelitian ini adalah terjadinya ketidakpatuhan oleh pihak airlines terhadap pengalokasian gate, pengalokasian parking stand oleh unit AMC yang belum sesuai, serta penggunaan fasilitas pendukung yang belum optimal mengakibatkan terjadinya ketidak sesuaian informasi mengenai boarding gate ini. Dengan dilakukannya penelitian terhadap permasalahan ini agar dapat mengurangi bahkan menghilangkan ketidaksinkronan informasi mengenai boarding gate yang akan digunakan oleh tiap tiap penerbangan. Diharapkan agar setiap pihak terkait dapat melakukan evaluasi pada pelaksanaan kegiatan boarding dan pengalokasian parking stand pesawat kemudian mengambil langkah langkah mitigasi yang tepat
iii
serta memberikan dampak posisif terhadap pemberian kualitas pelayanan di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya.
Kata Kunci : Boarding Gate, Flight Information Display System (FIDS), Parking
Kata Kunci : Boarding Gate, Flight Information Display System (FIDS), Parking Stand, Kualitas Pelayanan. Stand, Kualitas Pelayanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Manajemen Bandar Udara
Depositing User: rara dwi prameswari
Date Deposited: 29 Jul 2024 01:51
Last Modified: 29 Jul 2024 01:51
URI: http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item
View Item