PENGARUH FASILITAS SELF CHECK-IN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG

Ariqah, Lathifa Hasna (2024) PENGARUH FASILITAS SELF CHECK-IN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK PENERBANGAN PALEMBANG.

[thumbnail of Cover - Bab 2.pdf] Text
Cover - Bab 2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5 - Lampiran.pdf] Text
Bab 5 - Lampiran.pdf

Download (578kB)
[thumbnail of Similarity.pdf] Text
Similarity.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya penumpang yang lebih memilih untuk mengantri di konter check-in konvensional daripada melakukan proses check-in secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh fasilitas self check-in terhadap kepuasan penumpang di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Variabel dalam penelitian ini adalah kepuasan penumpang sebagai variabel terikat dan fasilitas self check-in sebagai variabel bebas. Populasi dalam penelitian ini adalah penumpang yang menggunakan fasilitas self check-in di terminal keberangkatan Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Peneliti menggunakan pendekatan Roscoe untuk menentukan jumlah sampel dan diperoleh jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 42 orang yang diambil menggunakan teknik accidental sampling. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner yang terdiri dari 10 soal menggunakan Google Form yang kemudian diolah dengan bantuan IBM SPSS seri 26. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima dengan nilai koefisien regresi (X) sebesar 0,906 dan nilai R Square 0,918. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh fasilitas self check-in terhadap kepuasan penumpang dengan nilai koefisien regresi (X) 0,906 yang berarti bahwa setiap penambahan 1% nilai fasilitas self check-in maka nilai kepuasan penumpang bertambah 0,906 dan pengaruh variabel fasilitas self check-in terhadap variabel kepuasan penumpang adalah sebesar 91,8%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Manajemen Bandar Udara
Depositing User: Admin MBU Poltekbangplg
Date Deposited: 02 Sep 2024 00:49
Last Modified: 02 Sep 2024 00:49
URI: http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/368

Actions (login required)

View Item
View Item