Arya Bima, Pramudya (2025) PROTOTYPE OTOMATISASI PENYIRAMAN HOLDING POINT TAXIWAY N1 BERBASIS SENSOR INFRARED DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA. Bachelor thesis, Politeknik Penerbangan Palembang.
![[thumbnail of COVER-BAB 2.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER-BAB 2.pdf - Submitted Version
Download (842kB)
![[thumbnail of BAB 3.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3.pdf - Submitted Version
Download (393kB)
![[thumbnail of BAB 4.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB 5-LAMPIRAN.pdf]](http://repository.poltekbangplg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5-LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Download (1MB)
Abstract
Pemeliharaan temperatur permukaan landasan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Pernasalahan pada penelitian ini adalah kerusakan aspal bleeding dimana titik lembek aspal eksisting pada Bandara Internasional Juanda adalah 55C. Tujuan penelitian ini merancang prototype otomatisasi penyiraman holding point taxiway N1 berbasis sensor infrared untuk menggantikan kondisi eksisting menggunakkan runway sweeper dalam penyiraman evaporatif landasan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development jenis pendekatan Borg and Gall dengan enam tahapan yaitu, (1) Potensi masalah, (2) Pengumpulan data menggunakkan observasi dan wawancara, (3) Desain produk, (4) Validasi desain melalui dua validator, (5) Revisi desain mengacu pada saran validator, dan (6) Uji coba produk. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem secara teknis dapat bekerja dari sepuluh kali pengambilan data hanya mengalami satu kali kegagalan. Dimana sistem akan bekerja ketika sensor infrared GY-906 mendeteksi temperatur dan mengirimkan sinyal kepada microcontroller arduino ESP 32 untuk melakukan penyiraman jika temperatur diatas 55C dan akan otomatis akan berhenti saat temperatur dibawah 55C dengan batas aman pada 53C. Dengan indikator keberhasilan pada prototype hasil pembacaan temperatur ditampilkan pada LCD I2C serta terintegrasi real time pada website Templan. Implikasi keberhasilan melalui inovasi otomatisasi penyiraman holding point taxiway N1 berbasis sensor infrared dapat meningkatkan pemeliharaan temperatur permukaan landasan di Bandara Internasional Juanda Surabaya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Politeknik Penerbangan Palembang > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Bandar Udara |
Depositing User: | Admin TRBU Poltekbangplg |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 09:27 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 09:27 |
URI: | http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/594 |